SUSU BASI

Suatu hari raja Ruslanman menderita sakit. Beliau mengatakan pada prajurit dan hulubalangnya bahwa penyakitnya hanya akan sembuh oleh susu basi yang ada di suatu daerah kekuasaannya yang hancur. Maka, seluruh prajurit dan hulubalang menyisr seluruh daerah di wilayah kekuasaan raja Ruslanman untuk menemukan susu basi tersebut.
Dalam beberapa minggu seluruh daerah yang ada di wilayah kekuasaan Ruslanman disisir oleh para prajuritnya. Tetapi, susu basi dan daerah yang hancur tersebut tidak ditemukan.
Akhirnya, seluruh hulubalang dan prajurit kembali ke istana menghadap baginda raja Ruslanman untuk menyampaikan hasil penyisirannya. Hulubalang melaporkan bahwa susu basi dan daerah yang hancur tidak ditemukan.
Baginda raja Ruslanman bersabda “ Sesungguhnya saya hanya ingin tahu tentang kerajaanku. Saya ingin tahu apakah ada daerah yang hancur. Kalau ada saya akan memperbaiki dan membangunnya. Sedangkan jika ada susu yang basi, akibat tidak terjual atau daya beli masyarakat menurun, maka saya akan melakukan perbaikan kondisi pasar dengan operasi pasar agar proses jual beli berjalan lancar. Sehingga, tidak ada lagi barang-barang yang tidak terjual. Kalau kalian tidak menemukan susu basi dan daerah yang hancur, berarti kerajaanku makmur dan masyarakatnya tidak kelaparan. Sebenarnya yang menyebabkanku sakit adalah rasa was-was andaikan masih ada daerahku yang tidak makmur”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *